6 Langkah Penting Untuk Mencari Produsen Mobil Pemadam Yang Tepercaya

6 Langkah Penting Untuk Mencari Produsen Mobil Pemadam Yang Tepercaya

6 Langkah Penting Untuk Mencari Produsen Mobil Pemadam Yang Tepercaya

Mobil atau truk pemadam kebakaran merupakan elemen penting dalam menanggulangi bencana kebakaran. Dengan menggunakan mobil atau truk pemadam kebakaran yang tepat dan berkualitas, petugas pemadam kebakaran dapat secara maksimal melakukan tugasnya. 

Namun, memilih mobil atau truk dan produsen kendaraan pemadam kebakaran tidaklah mudah. Ada beberapa pertimbangan yang harus di pikirkan untuk dapat memilih produsen mobil pemadam kebakaran terbaik.

Kali ini, penulis akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih produsen mobil pemadam kebakaran yang tepat guna. 

Pertimbangkan lokasi kendaraan pemadam kebakaran akan dioperasikan

Yang pertama kali perlu Anda pertimbangkan adalah lokasi dimana kendaraan pemadam kebakaran akan dioperasikan. Dengan mengetahui medan operasinya, Anda bisa menentukan jenis dan spesifikasi mobil pemadam yang sesuai. 

Mobil pemadam yang akan digunakan di perkotaan yang berisi gedung-gedung tinggi tentunya berbeda dengan mobil pemadam kebakaran yang akan dipergunakan untuk memasuki kampung-kampung sempit yang padat penduduk.

Untuk memadamkan kebakaran di gedung bertingkat, Anda membutuhkan kendaraan pemadam kebakaran berukuran besar yang dilengkapi dengan tangga panjang yang besar untuk dapat menyelamatkan korban kebakaran yang terjebak di lantai yang tinggi. 

Sebaliknya mobil pemadam berukuran lebih ramping dibutuhkan untuk bisa masuk ke permukiman padat. Dengan menentukan jenis dan spesifikasi mobil pemadam yang tepat, Anda bisa mengatasi kebakaran secara lebih efektif.

Perhitungkan kapasitas air dan pompa yang akan digunakan

Kendaraan pemadam kebakaran juga memiliki variasi kapasitas air dan kekuatan pompa yang digunakan. Jika Anda beroperasi di daerah perumahan, maka kapasitas air dan pompa yang akan digunakan tidak perlu yang terlalu besar. Kapasitas air dan pompa yang kecil sudah cukup untuk memadamkan api yang muncul di daerah perumahan.

Perhatikan pengalaman produsen mobil pemadam kebakaran

Pengalaman produsen kendaraan pemadam kebakaran juga perlu dijadikan pertimbangan. Produsen yang  berpengalaman lebih dari 10 tahun tentunya akan menghasilkan kendaraan pemadam kebakaran yang lebih berkualitas dibandingkan dengan produsen yang baru saja berdiri.  Akan lebih baik lagi jika produsen tersebut sudah memiliki sistem pengecekan kualitas produk seperti ISO 9001.

Cermati perizinan layak jalan dari Dinas Perhubungan dan Kementerian Perhubungan. 

Produsen kendaraan pemadam kebakaran harus sudah mengantongi perizinan layak jalan untuk setiap kendaraan yang dibuat. Produsen tersebut juga harus berpengalaman dalam mengurus perizinan kendaraan seperti SRUT, Rancang Bangun, Uji Tipe, Surat Rubah Bentuk, dsb. 

Harga kompetitif dan memiliki standar harga

Produsen kendaraan pemadam kebakaran yang bagus adalah yang dengan jelas menyertakan harga produk yang ditawarkan dan memiliki standar harga untuk setiap kategori dan jenis kendaraan pemadam kebakaran yang ditawarkan.

Pengerjaan yang cepat

Dalam merakit kendaraan pemadam kebakaran, terkadang Anda perlu memesan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan lokasi. Penambahan dan modifikasi kendaraan pemadam kebakaran yang sesuai dengan daerah pengoperasian memerlukan waktu untuk merakitnya. 

Produsen kendaraan pemadam kebakaran yang baik akan melakukanpengerjaan dengan cepat atau sesuai dengan jadwal yang diberikan, dengan begitu petugas pemadam kebakaran dapat menyesuaikan jadwal untuk menggunakan kendaraan pemadam kebakaran yang baru.

Itu tadi beberapa cara memilih produsen dan menentukan jenis dan spesifikasi mobil pemadam kebakaran yang tepercaya. Semoga bermanfaat.

Komentar

    Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kode Verifikasi
scroll up