Gedung Kantor Pos Bersejarah di Manila Kebakaran, Petugas Damkar Alami Luka Ringan

Gedung Kantor Pos Bersejarah di Manila Kebakaran, Petugas Damkar Alami Luka Ringan

Gedung Kantor Pos Bersejarah di Manila Kebakaran, Petugas Damkar Alami Luka Ringan

MANILA - Kebakaran besar melanda gedung kantor pos bersejarah di kota Manila, Minggu (21/5/2023) malam.

Kebakaran meratakan sebuah gedung yang berusia hampir 100 tahun di ibu kota Filipina tersebut.

Seperti dilaporkan AP, kebakaran dimulai dari ruang bawah tanah gedung neo-klasik yang berlantai lima dan api dapat dikendalikan pada Senin (22/5/2023) pagi.

Lebih dari tujuh jam setelah kebakaran dimulai, kata petugas pemadam kebakaran.

Pasukan pemadam kebakaran dari seluruh ibu kota mengerahkan puluhan truk pemadam kebakaran beserta personelnya untuk memadamkan kobaran api yang menyebabkan seorang sukarelawan pemadam kebakaran mengalami luka ringan.

Saat petugas pemadam kebakaran bekerja untuk mengendalikan api, asap tebal terlihat mengepul dari jendela bangunan neoklasik yang dikenal dengan pintu masuknya yang megah dengan dilapisi kolom hiasan.

Nahum B. Tarroza, Direktur Biro Perlindungan Kebakaran Wilayah Ibu Kota Nasional, mengatakan kepada wartawan, bahwa struktur kayu bagian dalam bangunan itu terbakar dari ruang bawah tanah hingga ke lantai tiga.

“Sangat menyedihkan, karena ini adalah bagian penting dari sejarah kami,” kata Tarroza dalam wawancaranya.

Ia menambahkan, bahwa kertas, buku, dan surat sangat mungkin menyulut api. Investigasi sedang dilakukan untuk menentukan penyebab kebakaran dan apa yang rusak.

Gedung kantor pos tersebut terletak di dalam kota tua Manila yang bersejarah di dekat landmark wisata lainnya di sepanjang Sungai Pasig yang mengalir melalui ibu kota. Dirancang oleh arsitek Filipina Juan M. Arellano dan Tomás Mapúa, pertama kali dibangun pada tahun 1926.

Bangunan ini rusak parah selama Perang Dunia II, tetapi dibangun kembali pada tahun 1946 dan mempertahankan sebagian besar bangunan aslinya.

Kantor Pos Pusat Manila adalah salah satu gedung perkantoran tersibuk di ibu kota tetapi ditutup saat kebakaran terjadi.

Bangunan itu adalah pusat penyortiran dan distribusi surat utama negara dan merupakan kantor pusat Perusahaan Pos Filipina.

 

Sumber: https://international.sindonews.com/read/1105657/40/kebakaran-besar-landa-gedung-kantor-pos-bersejarah-di-manila-1684775111

Kata Kunci: Truk Pemadam Kebakaran, Truk Pemadam Kebakaran, Truk Pemadam Kebakaran

Komentar

    Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kode Verifikasi
scroll up