Kebakaran di Rumdin Polda Papua, 6 Unit Kendaraan Pemadam Dikerahkan

Kebakaran di Rumdin Polda Papua, 6 Unit Kendaraan Pemadam Dikerahkan

Kebakaran di Rumdin Polda Papua, 6 Unit Kendaraan Pemadam Dikerahkan

Papua – Polda Papua memastikan bahwa kebakaran di rumah dinas (rumdin) Kapolda kemarin (17/1) pagi bukan karena adanya sabotase atau serangan dari Kelompok Separatis Teroris (KST). Sangat mungkin sebab kebakaran karena korsleting listrik.

”Tapi, penyebab pastinya masih didalami,” kata Kabidhumas Polda Papua Kombespol Ignatius Benny Ady Prabowo di Jayapura (17/1) kemarin.

Benny menyebut, petugas masih terus melakukan olah tempat kejadian perkara. Sejumlah saksi juga sudah dimintai keterangan. ”Kita kumpulkan bukti-buktinya,” kata Benny.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu. Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri bersama keluarga juga tidak sedang berada di tempat saat insiden kebakaran tersebut terjadi.

Sebagaimana dilansir Cenderawasih Pos, Kabid Damkar Kota Jayapura Margaretha V.S. Kirana mengatakan, dirinya menerima informasi kebakaran via telepon dari salah satu anggota RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) pada pukul 04.57 WIT. Saat itu juga dia langsung berkoordinasi dengan tim damkar, 6 unit kendaraan pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian.

”Ada banyak armada water canon yang diturunkan dan sekira pukul 06.56 WIT api berhasil dipadamkan. Api sendiri diduga berasal dari bangunan tengah,’’ ujar Kirana.

Rumdin itu terletak di Jalan Trikora, Jayapura Utara. Sebagaimana lazimnya rumah Kapolda, selalu ada regu aparat keamanan yang berjaga.

Seperti disampaikan Kirana, api diduga berasal dari ruang tengah dan langsung menyebar ke seluruh bangunan. Dugaan sementara akibat dari arus pendek listrik.

”Pukul 06.56 WIT, api dapat dikendalikan dan dilanjutkan dengan pembasahan total. Hingga pukul 07.52 WIT, proses pembasahan masih terus dilakukan oleh pihak damkar dibantu dengan pihak lainnya,” ujar Benny.

Benny menyebut, salah satu saksi yang bertugas piket jaga menyampaikan tiba-tiba mendengar teriakan dari dalam rumdin dengan kalimat ”ada asap.’’ Saksi bersama rekan jaga langsung berlari ke dalam dan melihat sumber api di sudut kiri bagian belakang kediaman. Tidak lama kemudian, terdengar suara ledakan dari dalam kediaman disertai nyala api.

Kombes Benny menambahkan, api berhasil dipadamkan satu jam setelah kejadian tersebut. Kerusakan diperkirakan mencapai 60 persen bangunan rumah dinas.

 

Dumber: https://www.jawapos.com/nasional/18/01/2023/akibat-kebakaran-bangunan-rumah-dinas-kapolda-papua-hangus-60-persen/

Kata Kunci: Kendaraan Pemadam Kebakaran, Kendaraan Pemadam Kebakaran, Kendaraan Pemadam Kebakaran

Komentar

    Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kode Verifikasi
scroll up