Kebakaran Gudang Alat Kontrasepsi di Jember, 2 Truk Damkar Diterjunkan

Kebakaran Gudang Alat Kontrasepsi di Jember, 2 Truk Damkar Diterjunkan

Kebakaran Gudang Alat Kontrasepsi di Jember, 2 Truk Damkar Diterjunkan

Jember - Kebakaran terjadi di Gedung Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Jember. Kebakaran di Jalan Jawa, Kecamatan Sumbersari, Jember terjadi sekitar pukul 06.00 WIB, Kamis (11/11/2021).

Diketahui, gudang tempat menyimpan alat kontrasepsi (alkon) dan ruangan kepala DP3AKB ludes terbakar. Diduga kebakaran terjadi karena korsleting listrik dari ruangan kepala dinas. Namun penyebab pasti kebakaran masih dilakukan penyelidikan Polsek Sumbersari.

Untuk proses pemadaman, petugas Damkar Mako Pemkab Jember datang ke lokasi kebakaran dengan dua unit truk pemadam kebakaran. Melakukan proses pemadaman api selama kurang lebih 1,5 jam.

Kasi Keluarga Berencana DP3AKB Dwi Andi Amperawati mengatakan, terjadinya kebakaran sekitar pukul 6 pagi.

"Untuk kejadian tepatnya saya gak paham, tapi saya berangkat dari rumah jam 6.30 WIB, sampai sini sudah ada kejadian kebakaran. Dan juga ada pemadam kebakaran," katanya.

Untuk proses pemadaman, para pegawai kantor disuruh menunggu di luar gedung.

"Tadi kami nungguin di depan semua, karena ada proses penyemprotan dari petugas pemadam," katanya.

Seorang saksi mata Nanang M Faruq, terjadinya kebakaran itu dirinya baru mengetahui saat datang ke kantor DP3AKB untuk bekerja. Dari jalanan tampak asap berwarna hitam membumbung tinggi dari gedung tempat kerjanya.

"Saya masuk ke kantor tahu-tahu sudah ada asap di atas (gedung). Sekitar pukul 6.38 WIB, saya langsung menghubungi pemadam kebakaran," kata Nanang saat dikonfirmasi di depan kantor DP3AKB.

Kata Nanang, lokasi kebakaran di Jember ini berada di ruangan gudang alkon dan ruang kepala dinas.

"Di dalam gudang Alkon itu ada implan dan IUD alat-alat kontrasepsi yang terbakar, di dalamnya juga ada motor setahu saya, ada kurang lebih 25 unit. Tapi tadi sudah dikeluarkan kayaknya," kata pria yang juga menjabat Kasi Keluarga Sejahtera DP3AKB itu.

"Untuk ruangan kepala dinas ada arsip dan dokumen, masih berusaha diselamatkan. Tapi ruangannya habis ludes terbakar," lanjutnya.

Nanang menambahkan, terkait waktu terjadinya kebakaran. Sebelum para pegawai di DP3AKB datang.

"Para pegawai masih belum datang semua, cuma dua orang dan tiga dengan saya. Tadi kita berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, tapi karena api membesar kita hubungi damkar itu. Tidak ada korban, kalau dugaan mungkin karena korsleting listrik. Karena saat kebakaran ada kayak bunyi ledakan karena ada korsleting listrik itu," jelasnya

Secara terpisah, Danru Mako A Damkar Pemkab Jember Suharto mengatakan penyebab pasti kebakaran dalam proses penyelidikan.

"Yang terbakar ini dari gudang kontrasepsi, alat suntik KB sama kondom. Kemudian juga ruang kepala dinas. Dugaan penyebab kebakaran korsleting listrik. Kebakaran Kelas C," kata Suharto.

Suharto mengatakan, petugas damkar datang ke lokasi kebakaran sekitar pukul 06.15 WIB.

"Setelah ada telepon masuk dari pegawai kantor. Kita datang dengan dua unit truk damkar. Upaya pemadaman yang dilakukan, tidak ada kesulitan. Ada dua unit mobil pemadam yang dikerahkan, dan apar 92 untuk pemadaman. Untuk proses pemadaman membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam," katanya

"Untuk korban jiwa, Alhamdulillah tidak ada. Kerugian masih kami taksir," sambungnya.

Pantauan di lokasi kebakaran, dari dalam ruang kepala dinas, Petugas Damkar setelah memadamkan api tampak berusaha menyelamatkan sejumlah dokumen dari dalam meja kerja.

Diketahui ada sejumlah dokumen milik kepala dinas dan laptop yang masih bisa diselamatkan. Dokumen dan laptop itupun diamankan oleh pegawai dan staf dari kantor DP3AKB.

 

Sumber: https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5806271/gudang-alat-kontrasepsi-di-jember-ludes-terbakar.

Kata Kunci: Truk Pemadam Kebakaran, Truk Pemadam Kebakaran, Truk Pemadam Kebakaran

Komentar

    Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kode Verifikasi
scroll up