Pemadaman Gudang Triplek di Bandung Selama 15 Jam Kerahkan 22 Kendaraan Damkar

Pemadaman Gudang Triplek di Bandung Selama 15 Jam Kerahkan 22 Kendaraan Damkar

Pemadaman Gudang Triplek di Bandung Selama 15 Jam Kerahkan 22 Kendaraan Damkar

Bandung – Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung berupaya selama 15 jam nonstop melakukan pemadaman api di gudang penyimpanan tripleks di kawasan Cijagra, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, yang mengalami kebakaran.

Sekretaris Diskar PB Kota Bandung Iwan Rusmawan menjelaskan, kebakaran itu terjadi cukup lama karena material di gudang tersebut merupakan bahan yang mudah terbakar. Kebakaran itu diketahui terjadi sekitar pukul 21.00 WIB, Senin (24/10).

”Jadi di permukaan atasnya mungkin sudah selesai (padam), tapi di bawahnya ini (masih terbakar),” kata Iwan, Selasa (25/10).

Sejak Senin (24/10) malam, belasan kendaraan tangki pengangkut air pemadam telah dikerahkan. Bahkan sejumlah mobil tersebut bolak-balik ke lokasi untuk melakukan pemadaman setelah mengisi ulang air. Selain itu, ada dua mobil pemadam yang terjebak di dekat titik api karena akses keluar telah tertutup tumpukan tripleks yang jatuh.

Guna memudahkan pemadaman, sebagian petugas dikerahkan untuk membersihkan tripleks-tripleks yang sudah terbakar menggunakan sejumlah truk.

”Luas gudang tersebut 2.000 meter persegi. Seluruh area di gudang tersebut, semuanya terbakar. Kami dibantu petugas kepolisian mengatur lalu lintas di sekitar lokasi. Pasalnya jalan raya di lokasi kebakaran merupakan jalan arteri Kota Bandung,” ujar Iwan.

Diskar PB Kota Bandung mengerahkan 22 unit kendaraan pemadam kebakaran guna mengatasi kebakaran tersebut. Kepala Diskar PB Kota Bandung Gun Gun Sumaryana mengaku kebakaran gudang tripleks itu cukup sulit dipadamkan karena banyak bahan yang mudah terbakar.

”Semua bahan mudah terbakar selain tripleks ada juga lem, dus juga, itu yang menyebabkan api sulit dipadamkan,” jelas Gun Gun.

Menurut Gun Gun puluhan petugas masih berjibaku berupaya memadamkan kebakaran selama 15 jam sejak peristiwa itu terjadi. Api masih berkobar di beberapa titik dalam skala kecil.

”Tinggal sedikit lagi, mudah-mudahan bisa segera tertangani dan selanjutnya adalah proses pendinginan,” terang Gun Gun.

Dia menambahkan, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung agar api tidak merambat ke permukiman warga. DPU diminta mengerahkan alat berat untuk membersihkan tripleks yang menghalangi jalur pemadaman.

”Kita antisipasi, jangan sampai ke warga (kobaran api). Penyekatan, kiri, kanan, dan belakang,” pungkas Gun Gun.

 

Sumber: https://www.jawapos.com/jpg-today/25/10/2022/kerahkan-22-truk-pemadam-15-jam-atasi-kebakaran-gudang-tripleks/

Kata Kunci: Kendaraan Pemadam Kebakaran, Kendaraan Pemadam Kebakaran, Kendaraan Pemadam Kebakaran

Komentar

    Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kode Verifikasi
scroll up