Jenis Dan Model Mobil Pemadam Kebakaran Yang Digunakan Di Indonesia

Jenis Dan Model Mobil Pemadam Kebakaran Yang Digunakan Di Indonesia

Jenis Dan Model Mobil Pemadam Kebakaran Yang Digunakan Di Indonesia

Selama beberapa dekade ini, Indonesia mengalami pembangunan yang berkesinambungan di berbagai bidang. Sekarang ini begitu banyak gedung pencakar langit, mal, apartemen, dan berbagai pusat perbelanjaan yang mulai menggantikan permukiman padat penduduk dan kawasan pasar yang rawan terkena kebakaran.

Namun, perkembangan ini masih belum cukup untuk mencegah kebakaran terjadi di Indonesia, terutama Jakarta. Di kota yang sangat padat penduduk dan memiliki banyak bangunan ini, bahaya kebakaran masih mengancam, sebab kesadaran masyarakat masyarakat dan sistem antisipasi kebakaran di negeri ini masih cukup rendah.

Menurut Departmen Kebakaran Jakarta, pada tahun 2014 saja, lebih dari 1089 kebakaran terjadi dan memakan korban 34 orang meninggal.

Dalam bertugas, pemadam kebakaran membutuhkan mobil pemadam khusus yang mampu mendukung upaya penyelamatan kebakaran di berbagi medan, baik itu di permukiman padat penduduk maupun di gedung-gedung pencakar langit.

Produsen mobil pemadam di Indonesia pun mulai memproduksi dan merakit mobil pemadam kebakaran dengan berbagai jenis dan fungsi.  Mulai dari Mobil pemadam kebakaran ringan atau Light Fire Tender yang memiliki bentuk seperti pick up dan jeep, mobil pemadam kebakaran besar atau biasa disebut fire truck atau fire tender dengan chassis truk yang mampu membawa beban yang lebih berat.

Tidak hanya ukurannya yang berbeda, ada juga beberapa mobil pemadam kebakaran yang dibuat berdasarkan fungsi dan kemampuannya. Seperti misalnya:

·        Foam tender truck, yaitu mobil pemadam kebakaran busa atau yang dilengkapi fasilitas untuk menyemprotkan senyawa kimia berbentuk busa atau foam.

·        Dry chemical tender, yaitu mobil pemadam kebakaran yang menggunakan bubuk kimia untuk memadamkan api.

·        Multi agent fire tender, yaitu mobil pemadam kebakaran yang mempergunakan busa, tepung, dan air secara bersamaan.

·        Pump truck,  yaitu mobil atau truk pemadam yang dikhususkan untuk membawa pompa dan mengambil air di dekat sumber api, agar api dapat cepat dipadamkan. Biasanya, pump truck membawa sendiri air untuk memadamkan kebakaran, namun jumlahnya tidak terlalu banyak dan hanya bisa digunakan untuk memadamkan kebakaran kecil.

·        Turntable Tender dan Snorkle, yaitu mobil pemadam kebakaran tangga, yang dikhususkan untuk menanggulangi kebakaran di lokasi bangunan dan gedung tinggi. Kendaraan pemadam kebakaran jenis ini biasanya memiliki ukuran yang lebih besar untuk mendukung Tangga yang dibawanya.  Mobil ini dapat mencapai sumber api di gedung tinggidan juga bisa digunakan untuk mengevakuasi korban kebakaran yang berada di tempat tinggi.

Selain mobil pemadam kebakaran, produsen mobil pemadam di Indonesia juga memproduksi motor pemadam kebakaran untuk merespons kebakaran dalam waktu yang lebih singkat.

Adapun untuk menjangkau lokasi kebakaran yang lebih sulit dijangkau dan membutuhkan banyak air, seperti di tengah hutan hutan atau desa terpencil, penanggulangan kebakaran biasanya dilakukan dengan menggunakan pesawat pemadam kebakaran.

Itu tadi jenis-jenis kendaraan pemadam kebakaran yang bisa dipesan dari produsen mobil pemadan di Indonesia. Semoga bisa memberikan gambaran kepada perusahaan atau dinas-dinas terkait, yang membutuhkan kendaraan pemadam kebakaran.  

Komentar

    Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Kode Verifikasi
scroll up